Jumat, 10 Februari 2012

Tenang

Jadi..
Bangun pagimu gak manis, siangmu peluh di pelipis, malammu melankolis. Dompet hampir selalu tipis, masuk gedung kuliah cuma numpang pipis, lemak menggelantung manja di betis, isi hatimu? Kempis, fantastis!

Itu bisa kalian persis alami, bisa sebagian, atau tidak sama sekali? Kenapa tidak? Karena tidak semua mahasiswa kelas medioker atau semi zona degradasi. Sebagian secara takdiral dikaruniai hal yang berbeda dengan apa yang dititipkan pada kita di tajuk pertunjukan hidup ini. capek mengeluh? Sama, manusia.

Tapi sebatas mengeluhkah yang saya kuasa? Hina sekali makhluk yang terlihat di depan kaca.

Malu tiap awal bulan merajuk minta disuap orang tua. Lihat temanmu tiap sore mengayuh ontelan uzurnya menanjaki jalanan. Mencari tambahan picis, mengajar anak orang dengan susah payah meski nggak pernah  ikutan pas ngebikinnya. Temenmu yang satu lagi pontang panting bergumul sama tukang loket sok tahu yang mengaku bermotif mencari sesuap nasi. Sementara kita mungkin sedang berbaring nyaman di atas kasur sambil bersenandung dengkur.

Mengeluh bodoh, bergumam dosen gak becus saat kertas ujian dibagi, tapi malam sebelumya sibuk nonton bola di tivi, di kelas suara yang di depan masuk otak kanan keluar otak kiri karena sambil genggam hape di laci. Lihat temenmu belajar seharian mengurung diri, besok dengan ikhlas ngajarin sejawatnya yang udah antri posisi dari pagi, sementara saya nongkrong semalaman di warung kopi.

Sampai saat terasa begitu kosong. Dengerin Across The Universe cover The Smiths pun nggak banyak menolong.

Saya bukan insan alim yang sorenya nongkrong di musola malemnya tidur di atas sejadah. Solat saya jalan tapi maksiat tetap spartan. Namun ketika hatimu terasa kosong tambal dengan bersujud. Setelah itu mungkin kita bisa bersyukur dan berpikir apa yang seharusnya diperbuat.

Paragraf yang di atas sangat menggurui dan jujur yang baru saya lakukan adalah bersujud dan yang terasa adalah tenang.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ


(Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).


1 komentar:

  1. Lucky Club Live Casino: Play £10, Get £20 & 20 Free Spins
    Join Lucky Club and bet £10 on any single market and the UK, including Football, Horse luckyclub.live Racing, Tennis, Accumulators & all other sports.

    BalasHapus

Blogger news

Photobucket